Standarad Emas Bedah Tulang Belakang : Microdiscectomy (Microdecompression)

by. Admin
31 January 2019
Standarad Emas Bedah Tulang Belakang : Microdiscectomy (Microdecompression)

Biasanya dilakukan untuk disc hernia, tindakan mikrodisektomi mengurangi tekanan pada akar saraf tulang belakang dengan menghilangkan bagian yang menyebabkan rasa sakit.

Selama prosedur, sebagian kecil tulang di atas akar saraf dan / atau bagian cakram di bawah akar saraf dikeluarkan.

Mikrodisektomi (disebut juga mikrodekompresi) biasanya lebih efektif untuk meredakan nyeri kaki (juga dikenal sebagai radikulopati, atau linu panggul) daripada nyeri punggung bawah.

* Untuk sakit kaki, pasien biasanya akan merasa sakit segera setelah mikrodisektomi. Mereka biasanya akan pulang dari operasi dengan pereda nyeri yang signifikan.

* Untuk mati rasa, kelemahan, atau gejala neurologis lainnya pada tungkai dan kaki, mungkin perlu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk akar saraf pulih sepenuhnya dan mati rasa atau kelemahan mereda.

Sebagai aturan umum, mikrodisektomi dianggap sebagai operasi yang relatif andal untuk menghilangkan linu panggul segera atau hampir segera, dari herniasi lumbar.

Mikrodisektomi Invasif Minimal

Ada dua pilihan umum dalam rektumektomi lumbal rawat jalan — mikrodisektomi dan disektomi endoskopi (atau perkutan).

Mikrodisektomi umumnya dianggap sebagai standar emas untuk menghilangkan bagian hernia dari disk yang menekan saraf, karena prosedur ini memiliki sejarah panjang dan banyak ahli bedah tulang belakang memiliki keahlian luas dalam pendekatan ini.

Sementara secara teknis operasi terbuka, microdiscectomy menggunakan teknik invasif minimal dan dapat dilakukan dengan sayatan yang relatif kecil dan kerusakan jaringan minimal atau gangguan.

Beberapa ahli bedah sekarang telah memperoleh pengalaman yang cukup dengan teknik endoskopi atau invasif minimal, yang melibatkan melakukan operasi melalui tabung dimasukkan ke dalam area operasi, daripada melalui sayatan terbuka.

Mikrodisektomi biasanya dilakukan oleh ahli bedah ortopedi atau ahli bedah saraf.

Indikasi untuk Microdiscectomy

Sakit kaki pasien disebabkan herniasi disk akan membaik, umumnya akan terjadi dalam waktu sekitar enam hingga dua belas minggu setelah timbulnya nyeri. Selama rasa sakit dapat ditoleransi dan pasien dapat berfungsi dengan baik, biasanya disarankan untuk menunda operasi untuk waktu yang singkat sambil melihat apakah rasa sakit akan sembuh dengan perawatan non-bedah saja.

Namun, jika nyeri kaki parah, wajar untuk segera mempertimbangkan pembedahan. Sebagai contoh, jika walaupun tanpa perawatan, pasien mengalami rasa sakit yang sangat parah sehingga sulit untuk tidur, pergi bekerja, atau melakukan kegiatan sehari-hari, pembedahan dapat dipertimbangkan sebelum enam minggu.

Ini adalah alasan khusus untuk merekomendasikan mikrodisektomi:

* Nyeri kaki telah dialami setidaknya selama enam minggu

* Pemindaian MRI atau tes lain menunjukkan disk hernia

* Nyeri tungkai (linu panggul) adalah gejala utama pasien, bukan sekadar nyeri punggung bagian bawah

* Perawatan nonsurgical seperti steroid oral, NSAIDs, dan terapi fisik belum meredakan nyeri

Hasil operasi akan kurang menguntungkan jika dilakukan setelah tiga hingga enam bulan berlalu sejak timbulnya gejala, sehingga dokter biasanya menyarankan orang untuk tidak menunda operasi untuk waktu yang lama (lebih dari tiga hingga enam bulan).

Read other articles & publications:

10 Selebriti Indonesia Yang Pernah Menjalani Operasi Tulang Belakang

Terapi Nyeri Punggung Dengan Shortwave Diathermy

Lebih Lanjut

Ringankan Keluhan Nyeri Dengan Terapi Renang: Solusi Efektif Untuk Saraf Terjepit