Nyeri punggung pada wanita hamil

by. Dr. Eko Agus Subagio, Sp. BS - Spine (Tulang Belakang), Dokter Saraf Kecetit
26 February 2014
Nyeri punggung pada wanita hamil

Nyeri punggung pada wanita hamil adalah berita baik bahwa bayi dalam rahim tumbuh.

Itulah yang seharusnya terjadi Kebanyakan wanita hamil mengalami sakit punggung, biasanya dimulai pada paruh kedua masa kehamilan. Anda harus tahu bahwa ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan sakit punggung Anda . Inilah yang membantu meringankan nyeri punggung anda.

Penyebab nyeri punggung pada Wanita Hamil terjadi di mana panggul memenuhi tulang belakang, pada sendi sacroiliac Ada banyak kemungkinan mengapa hal itu terjadi . Berikut adalah beberapa penyebab:

Peningkatan berat badan.

Selama kehamilan yang sehat, wanita hamil biasanya bertambah bobotnya antara 25 dan 35 kilogram. Tulang belakang harus mendukung berat itu. Yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah . Berat bayi dan rahim tumbuh juga menempatkan tekanan pada pembuluh darah dan saraf di panggul dan punggung.

Perubahan postur.

Kehamilan menggeser pusat gravitasi . Akibatnya , Anda mungkin secara bertahap - bahkan tanpa disadari - mulai menyesuaikan postur tubuh Anda dan cara Anda bergerak . Hal ini dapat mengakibatkan sakit punggung atau regangan.

Perubahan hormon.

Selama kehamilan, tubuh Anda membuat hormon yang disebut relaksin yang memungkinkan ligamen di daerah panggul untuk bersantai dan sendi menjadi lebih longgar dalam persiapan untuk proses kelahiran. Hormon yang sama dapat menyebabkan ligamen yang mendukung tulang belakang untuk melonggarkan, menyebabkan ketidakstabilan dan nyeri.

Pemisahan otot.

Saat rahim mengembang , dua lembar paralel otot ( otot abdominis dubur ) , yang berjalan dari tulang rusuk ke tulang kemaluan, dapat memisah sepanjang jahitan pusat . Pemisahan ini dapat memperburuk sakit punggung .

Stres.

Stres emosional dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung , yang mungkin dirasakan sebagai nyeri punggung atau kejang punggung . Anda mungkin menemukan bahwa Anda mengalami peningkatan nyeri punggung selama periode stres kehamilan Anda .

Surabaya Spine Clinic

Klinik Tulang Belakang

Siloam Hospitals Surabaya

Surabaya, Jawa Timur Indonesia

Hotline (+62) 0822 3322 7788

Read other articles & publications:

Terapi Nyeri Punggung Dengan Shortwave Diathermy

Lebih Lanjut

Ringankan Keluhan Nyeri Dengan Terapi Renang: Solusi Efektif Untuk Saraf Terjepit

Lebih Lanjut

Gerakan Latihan Untuk Skoliosis

Lebih Lanjut